Is Hong Kong a Stranger Place for Indonesian?

Kadang kita bayangin Hong Kong ini tempat yang asing apalagi klo bukan karena anggapan orang Hong Kong gabisa ngomong Bahasa Inggris dan tulisannya yang keriting-keriting. Duuuhh gimana mau komunikasi, klo nanya jalan aja mesti pake bahasa tarzan. Apalagi klo mesti tinggal lama disana yaaaa…hmmm gak segitunyaa kooo….Faktanya adalah…………

 

Kendala Bahasa

Lumayan banyak kooo orang lokal sini yang bisa Bahasa Inggris. Klo di mall/modern outlet mayoritas fasih Englishnya, sementara klo di tempat layanan publik semisal rumah sakit (publik & private), klinik dokter, stasiun MTR, destinasi wisata, bank, terminal ferry, rata-rata lumayan banyak yang bisa. Klo mau wisata kuliner yang agak susah, gak cukup banyak waiter yang ngerti English, termasuk di gerai-gerai besar seperti McD pun gw masih sering nunjuk-nunjuk gambar menu hehehe.

Apalagi klo ke pasar tradisional, jangan ditanyaaa……biasanya kita ditunjukin angka di kalkulator untuk harganya, ada lagi ibu-ibu tua penjual buah yang klo kita nanya harga dia jawabnya dengan nunjukin lembaran uang HKD nya….kan repot yaaaa mesti ngitung dulu uang yang ditunjukin hehehe.

Eiittsss tapi gausa kuatir buat yang ke Hong Kong nya di hari wiken (trutama Minggu) atau pas tanggal merahnya HK, untuk di beberapa tempat strategis semisal Causeway Bay, Wan Chai, North Point, Mong Kok nanti bakal berasa kayak lagi di Jawa…karena sepanjang jalan yang rame orang, suara Jawa medok lebih dominan kedengeran ketimbang suara lainnya. Sriuusss iniii…..gak boong, gw juga takjub kooo waktu ngerasain hari Minggu pertama disini. Kenapa bisa bgitu? Karena mba-mba TKW disini sminggu skali dapet jatah libur, klo gak sabtu ya minggunya (mayoritas). Sementara data terakhir nunjukin klo jumlah pekerja informal Indonesia di HK skitar 150-160rb ditambah pekerja formal skitar 20-30rb jadi total skitar 190rb. Kebayang kaann klo smuanya barengan kluar di hari Minggu hehehehe.

causeway-bay-4

 

Restoran Indonesia

Udah lumayan banyak lhooo resto Indo di HK mulai dari yang paling terkenal Warung Malang, Warung Chandra, Pondok Chandra (grupnya Warung Chandra), dan Ayam Penyet Ria, juga yang lainnya seperti Bakso Arema Pak Joko, Sedap Gurih, dll. Emang sih klo untuk lokasi smuanya terpusat di Causeway Bay, kenapa nya kurang ngerti, mungkin juga karena Causeway Bay ini udah jadi semacem base camp mba-mba TKW pas libur yaaaa. Lumayan buat yang nyari referensi makanan halal disini, ada yang punya sertifikat halal resmi seperti Warung Malang maupun yang lainnya gak nyediain pork.

Oiyaaaa mulai bulan Desember 2016 JCo resmi buka outlet pertamanya lhooo di HK, tepatnya di daerah Wan Chai…masi deketnya Causeway Bay.

(info lebih lengkap bakal dibahas di blog selanjutnya).

img-20160813-wa0005
Warung Malang

 

Toko Produk Indonesia

Waktu persiapan berangkat kesini (baca: packing) klo diinget-inget agak udik juga kita hehehee. Kenapaa? Karena bukannya lebih fokus ke pakaian hangat secara beberapa bulan lagi masuk musin dingin, tapi kita malah sibuk masukin aneka bumbu dapur beserta sodara-sodaranya bumbu masak instan. Jeengg…jeenngg jadilah setengah koper besar kita penuh dengan Royco, bumbu Indofood, Kokita, merica, sambal, kecap, dll. Pikirnya dulu bakalan susah banget cari disini, ehh ternyata dimana-mana lumayan banyak yang jual.

Klo mau yang lengkap cari aja ke toko IndoMarket, yaa semacam kayak Indomaret gitulah. Disana jual macam-macam barang dari Indo mulai dari bumbu masak, Indomie, cemilan, krupuk, sampai shampoo dan produk perawatan tubuh juga ada. Lokasinya ada di beberapa wilayah, tapi yang paling besar di daerah Causeway Bay. Di tahun 2017 ini IndoMarket bakal buka beberapa cabang lagi.

Kemudian untuk skala yang lebih kecil ada toko Alfa Indo, walaupun jenis barangnya gak terlalu banyak tapi untuk kebutuhan pokok dan perawatan tubuh lumayan cukup lengkap, juga ada makanan siap saji yang dibungkus di plastic transparan. Alfa Indo ini punya beberapa outlet, salah satunya di daerah Sai Wan Ho (lokasi di gang sebelah McD, seberang stasiun MTR Sai Wan Ho). Toko sejenis Alfa Indo juga lumayan banyak dan tersebar disini, beberapa juga menjual produk asal Filipina.

Selain yang disebut diatas, supermarket disini seperti Fusion, Park n Shop, Wellcome, Aeon juga jual beberapa produk asal Indo semisal Indomie, bumbu masak instan, pasta, snack, frozen cake dll. Oiya buat yang cari produk halal gausa kuatir, banyak produk yang dijual di supermarket local sini ada logo halalnya karena banyak juga produk impor dari Malaysia, Thailand, Filipina, Australia, Prancis, dll termasuk untuk daging ayam dan frozen food nya.

indo-market
Indo Market, sumber: http://www.commons.wikimedia.org/wiki
alfa-indo
Alfa Indo, sumber: http://www.ilovehongkong.hk/zh-hant/gou-wu/alfa-indo

— Sekian info tentang Hong Kong dan keseruannya, semoga bermanfaat —
Selamat liburan pewe 🙂
hepihepijoy…..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s